Kimitsuki Chapter 2.6 Bahasa Indonesia


XxxxX

Rupanya, semua tubuh manusia bisa bersinar sedikit. Tapi itu biasanya begitu samar sehingga tidak bisa dilihat oleh mata telanjang, dan semua manusia yang menjalani kehidupan mereka sehari-hari tidak menyadari fakta ini. Ini tidak hanya manusia; semua makhluk hidup memancarkan cahaya redup. Ini disebut biophotons yang memiliki sekitar sepersejuta dari kecerahan bintang. Diperkirakan bahwa penyakit luminesensi adalah hasil dari kelainan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan ekstrim dalam cahaya itu.

Hari itu, aku pulang ke rumah dan merenungkan hal ini sendirian. Di tempat tidur di malam hari, aku menatap langit-langit dan merenungkan itu.

Apa yang bisa aku lakukan untuk Mamizu?

Hal yang dia ingin lakukan sebelum dia meninggal, apa itu benar-benar keinginannya?

Aku tiba-tiba penasaran tentang itu.

Aku merasa bahwa, untuk beberapa alasan, emosi Mamizu semakin tidak stabil ketika aku memenuhi permintaannya satu demi satu.

Apa aku sudah melakukan hal yang benar?

Malam ini adalah malam tanpa tidur. Ketika aku melihat jam, Jarum jam sudah menunjukkan pukul dua dini hari. Kurang lebih tengah malam saat aku berbaring di tempat tidur, jadi berarti aku terus memikirkan ini selama dua jam.

Aku bangkit dari tempat tidur dan turun ke lantai satu. Aku meraba-raba di sekitar dapur yang gelap gulita dan membuka pintu kulkas. Cahaya yang datang dari dalam itu menyilaukan. Aku merasa lapar. Aku mencari-cari sesuatu di dalam, mencari sesuatu untuk bisa dimakan.

Jari-jariku menemukan beberapa ham dan minuman bersoda, lalu aku pergi keluar ke beranda rumah. Sekarang adalah malam musim panas; ada beberapa jenis serangga yang membuat kebisingan.

Aku menelepon Kayama, berpikir bahwa ia mungkin sudah tertidur pada saat ini.

"Ada apa? Ini tidak biasanya, Okada,” Ucapnya dari sisi lain telepon.

“Kayama, mengapa kau masih bangun? Cepat pergi tidur sana.” Aku tertawa aneh, tanpa alasan sama sekali.

"Apa yang salah denganmu? ... Oi, dimana kau sekarang? " Tanya Kayama.

"Beranda rumahku sendiri."

"Lantai kedua?"

"Lantai pertama. Apa yang kau khawatirkan? "

"Jika kau berada di lantai pertama, maka tidak masalah. Apa kau mabuk atau semacamnya? "

Mendengar perkatan itu, aku tiba-tiba menyadari bahwa orang biasanya mabuk pada situasi seperti ini.

"Aku masih di bawah umur," kataku.

"Jadi kau belum pernah meminum alkohol sebelumnya?"

"Bukan berarti aku belum pernah meminumnya."

"Jadi, apa yang sedang kau lakukan malam ini jika kau tidak mabuk?"

"Hei, kenapa aku tidak bisa tidur?"

"Bagaimana aku bisa tahu, idiot," Kayama mendengus. Kayama masih sama seperti biasanya.

"Hei, Kayama. Tentang Watarase Mamizu. Kondisinya tidak baik, "kataku padanya.

"Jadi?"

"Apa kau tidak mau pergi menemuinya?"

"... Saat aku merasa ingin melakukannya."

"Kalau dipikir-pikir lagi, mengapa kau mengakhiri semua hubunganmu dengan wanita?" Tanyaku.

"Kenapa ya. Ini menjadi tidak berarti, "kata Kayama.

“Itu membuatku cemas saat kau bilang sesuatu yang terdengar seperti dari kejauhan. Apa ada gadis baru yang sangat kau cintai atau seemacamnya?”

“Sebenarnya, aku ingin mengaku pada cinta pertamaku. Aku berpikir untuk membenahkan diriku dulu.”

"Kau bercanda. ‘kan?"

"Aku bercanda."

Panggilan pun tiba-tiba berakhir. Aku tidak tahu apakah Kayama yang menutup teleponnya atau sinyal ponsel yang buruk. Ini tidak layak untuk meneleponnya lagi, sehingga percakapan kita berakhir di sana.

Setelah itu, aku berdiri dan memakan ham. Aku ingin beberapa mayones, pikirku.
Aku pergi dari beranda kembali ke dalam rumah, dan duduk di depan BUTSUDAN kakakku.

Hei, Meiko.

Ketika orang-orang yang kita cintai meninggal, kita harus bunuh diri.

Aku masih belum memberitahu siapa pun rahasia itu.

Aku masih menepati janjiku.

Aku mendengar suara gemeresik. Aku berpaling untuk melihat bahwa Kamenosuke juga ikut begadang; dia telah melarikan diri dari tangki airnya dan berjalan-jalan di lantai ruang tamu.Dengan tergesa-gesa aku menangkapnya dan mengembalikannya ke dalam tangki air.

Melihat Kamenosuke, aku merasa bahwa mungkin semua perjuangan manusia tidak ada gunanya.

Kupikir aku bisa tidur nyenyak setelah itu, tapi bukan itu masalahnya. Bahkan setelah aku kembali ke kamarku, aku masih belum bisa tidur.

"Ah..…"

Suara kecil keluar dari bibirku. Aku membalikkan badan dan menoleh beberapa kali di tempat tidur, membiarkan beberapa erangan rendah. Diaduk dengan pemikiran tanpa tujuan yang melayang ke dalam pikiranku dan kemudian menghilang lagi, aku pun tertidur.

***

Ketika aku pergi ke sekolah keesokan harinya, Mamizu sedang berada di kelas. Dia duduk di sebelahku.

"Selamat pagi, Takuya-kun," katanya.

Aku cukup terkejut. "A-Apa yang terjadi, Mamizu!"

“Penyakit luminesensiku sudah sembuh total. Dokter bilang bahwa itu adalah pemulihan yang ajaib.”

Sekarang Dia baru mengungkitnya, warna wajah Mamizu tampak cukup sehat sedikit.

“Lihat ke sini,” katanya, melompat-lompat. “Aku bahkan bisa terbang di langit sekarang.”

"Begitu ya. Itu bagus."

Syukurlah, pikirku. Mamizu sudah membaik.

“Kita bisa memulai kehidupan sekolah kita bersama-sama sekarang, ‘kan ? tolong jaga diriku dengan baik, Takuya-kun.”

Aku senang sekali. Jadi hal seperti ini bisa terjadi di dunia ini, pikirku. Sebuah keajaiban telah terjadi.

Mamizu dan aku makan siang bersama. Mamizu tertawa senang, tampak seolah-olah dia sedang menikmati dirinya sendiri.

“Mari kita pergi ke suatu tempat bersama-sama,” katanya.

Untuk beberapa alasan, hatiku mulai berdebar. “Apa itu kencan?” Tanyaku.

“Dasar bodoh” kata Mamizu, sembari tertawa malu.

Kami berdua berbicara tentang kemana kita akan pergi di akhir pekan. Ayo pergi ke sini, ayo pergi ke sana, imajinasi kita yang tak ada habisnya. Aku berpikir bahwa aku bisa menikmati pergi kemanapun selama aku bersama Mamizu.

Tapi ... aku tahu. Secara bertahap aku mulai menyadarinya.

Aku tahu bahwa peristiwa menyenangkan seperti ini takkan pernah menunggu kami.
Sesuatu seperti ini tidak bisa terjadi. Ini bukan sesuatu yang bisa terjadi di kenyataan. Sementara aku sedang berbicara dengan Mamizu, aku menyadari ini.

“Apa yang salah, Takuya-kun?” Tanya Mamizu, menatapku penasaran. "Mengapa kau menangis?"

Aku tidak tahu kenapa, tapi aku tidak bisa membendung air mataku.

***

Saat itulah aku terbangun. Tentu saja, kejadian tadi hanyalah mimpi. Tanpa aku sadari, sinar mentari pagi terpapar melalui celah tirai jendelaku. Tubuhku terasa dikeringkan oleh kekuatannya. Aku tidak bisa bergerak sama sekali.

Aku menangis tidak hanya dalam mimpiku, tapi dalam kenyataannya juga.

Meski aku sudah terbangun, air mataku tidak bisa berhenti.

Mamizu akan mati suatu saat nanti.

Apa yang akan aku lakukan ketika itu terjadi?

Apa yang akan aku lakukan sampai itu terjadi?


****


Sekarang aku memikirkan itu, melihat bintang adalah sesuatu yang bisa dilakukan bahkan dari rumah sakit, ‘kan? Pikirku. Masalahnya ialah jam berkunjung di rumah sakit Mamizu berakhir pada pukul delapan. Karena sekarang adalah musim panas, langit masih cukup cerah pada pukul delapan; ini bukanlah periode waktu yang baik saat kau merasa ingin melihat bintang.

Jadi, aku memutuskan untuk menyelinap ke rumah sakit setelah jam kunjungan berakhir.

Larut malam, setelah lampu sudah dimatikan, tidak ada orang lain di rumah sakit kecuali orang-orang yang bertugas. Aku masuk melalui pintu darurat, menaiki tangga darurat sambil membuat jejak kakiku tidak bersuara, dan menuju kamar Mamizu. Aku sedang memegang teleskop di tanganku. Ini bukan teleskop canggih, tapi meski begitu, aku menghabiskan biaya 40.000 yen di swalayan untuk membelinya. Aku sudah menghabiskan sebagian besar gaji dari pekerjaan part-time-ku, tapi itu tidak menggangguku.

Aku memasuki koridor dari tangga darurat dan berjalan dengan suara sekecil mungkin. Ini akan menjadi game over jika aku ditemukan oleh seorang suster. Tapi semuanya berjalan lancar. Melanjutkan dengan hati-hati, aku tiba di depan kamar Mamizu. Aku diam-diam mendekati tempat tidur Mamizu dan membangunkannya. 
Mamizu membuka mata lebar-lebar karena terkejut.

“Takuya-kun, mengapa kau di sini?” Tanyanya.

"Jangan berisik. Kita akan atap sekarang,” bisikku.

"Sekarang…?"

Mamizu masih setengah tertidur, tapi ketika aku menunjukkan padanya teleskop yang aku pegang, ekspresi paham akhirnya muncul di wajahnya.

“Kau tidak perlu melakukan sejauh ini ... Tunggu, aku akan bangun sekarang.”

Mamizu perlahan berdiri, dan dengan bantuanku untuk mendukung tubuhnya, kami menuju ke atap rumah sakit. Berbeda dengan atap sekolah dan semacamnya, ini terbuka. Itu mungkin karena di atap sangat mudah untuk menjemur cucian. Ada tali jemuran di mana-mana. Ada bangku plastik di sudut. Aku membuat Mamizu duduk di atasnya.

“Ini juga baru pertama kalinya aku menggunakan ini,” kataku. Tentu saja, aku tidak pernah melakukan sesuatu seperti melihat bintang sebelumnya; Aku menegangkan mataku untuk membaca petunjuk dalam kegelapan dan mulai menyiapkan teleskop di sebelah Mamizu.

Mamizu menjerit kecil. "Oh tidak."

Karena kaget, aku menoleh ke arahnya.

Aku terkejut.

Terkadang, ada kalanya aku lupa bahwa Mamizu memiliki penyakit luminesensi. Bahkan pada saat hanya kami berdua seperti ini, membuatku penasaran apakah Mamizu benar-benar memiliki penyakit atau tidak. Namun, tentu saja bukan begitu.
Tubuh Mamizu memancarkan cahaya kecil, redup, dan samar. Kulit telanjang menyembul keluar dari lengan panjang piyamanya yang bersinar berwarna neon putih. Itu adalah......karakteristik dari kondisi yang dikenal sebagai penyakit luminesensi. Aku mendongak untuk melihat bahwa bulan bersinar cemerlang di langit yang cerah. Ketika tubuh Mamizu diterangi oleh cahaya bulan, tubuhnya bersinar. Itu adalah fitur yang berbeda dari penyakit di deritanya.

“Rasanya memalukan, jadi jangan lihat ke sini,” kata Mamizu, seakan memohon padaku. Tapi aku tidak bisa memikirkan penampilan Mamizu sebagai sesuatu yang memalukan.

“Maaf,” kataku, meminta maaf. Setelah aku meminta maaf, aku memberinya kesan jujurku."Maaf. Tapi kau terlihat cantik, Mamizu.”

Dia. di atas atap rumah sakit dengan gelapnya malam sebagai latar belakangnya, kehidupan Mamizu tengah bersinar, seolah-olah dia adalah kunang-kunang.

“Aku sungguh ceroboh. Aku seharusnya tidak datang ke atap bersamamu.” Untuk beberapa alasan, tampaknya Mamizu terkejut karena terlihat seperti ini olehku. “Ini membuatmu merasa tidak nyaman, ‘kan, Takuya-kun?”

Bagaimana aku bisa menyampaikan pada Mamizu bahwa bukan itu masalahnya?

“Aku seperti monster atau hantu, bukan?”

Tampaknya Mamizu memilki semacam kompleks tentang tubuhnya yang bersinar karena penyakit luminesensi-nya.

“Kamu ya kamu, Mamizu.” Hanya itu yang bisa aku katakana padanya, dan kemudian aku selesai mengatur teleskop.

Aku mengintip melalui lubang penglihatan untuk memastikan bahwa ini berfungsi dengan baik. Aku bisa melihat bintang dengan benar. Tidak buruk untuk seorang amatiran, pikirku.

“Cuaca hari ini sangat bagus, jadi kau bisa melihat dengan jelas,” kataku, mengajak Mamizu untuk melihat.

Entah mengapa dia terlihat segan, Mamizu mengintip ke teleskop.

“... Wow, kau benar,” katanya.



Mamizu benar-benar tersedot ke dunia dalam teleskop. Reaksinya mirip seperti  seorang anak kecil yang baru melihat sebuah kaleidoskop untuk pertama kalinya. 

Suaranya penuh dengan kejutan, seolah-olah dia kagum bahwa ada hal yang indah seperti itu di dunia ini. Mendengar suaranya seperti itu, aku merasa puas.

“Hei, Takuya-kun, apa kau punya pacar?” Tanya Mamizu, tanpa mengalihkan penglihatannya dari teleskop.

“Jika aku punya ... aku takkan datang untuk mengunjungimu terus, bukan?” Kataku.

“Kurasa itu benar. Lalu, walau kau tidak mempunyai pacar, apa kau memiliki seseorang yang kau sukai?” Mamizu melanjutkan, berbalik ke arahku dan menatapku dengan ekspresi serius.

“Aku sedikit takut,” kataku, tanpa melihat ke arahnya.

“Takut menyukai seseorang?”

Aku tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Wajah Meiko tiba-tiba terlintas di benakku. Seakan-akan mengibas gambaran gelap itu, Aku menggeleng ringan.

“Aku tidak populer,” kataku samar-samar.

“Aku tidak berpikir itu benar.” Mamizu tiba-tiba berjalan sekitar dua atau tiga langkah ke arahku dan dengan ringan memegang lengan aku. Dia memojokanku di jarak yang sedikit spektakuler. “Mau coba latihan? Sehingga kau bisa mendapatkan pacar, Takuya-kun.”

“Aku tidak membutuhkannya,” kataku, senyum pahit hampir muncul di wajahku.

“Aku ingin mencobanya. Kumohon, hanya lima menit saja,” kata Mamizu, dan kemudian menarikku di sebelah teleskop.

“Apa itu salah satu dari hal yang ingin kau lakukan sebelum kau meninggal?”

Mamizu tidak menjawab; sebaliknya, ia memberi isyarat padaku untuk duduk di sampingnya dan melihat melalui teleskop.

Pemandangan langit malam memenuhi visiku. Sama seperti ketika aku mengintip melalui mikroskop selama percobaan fisika, skala dunia berubah dalam sekejap, dan bintang-bintang terlihat kecil dan jauh, sekarang bisa terlihat secara rinci. Meski ini adalah teleskop yang kubeli sendiri, ini adalah pemandangan yang aku lihat untuk pertama kalinya.

Mungkin melihat langit malam seperti ini adalah hal lain yang takkan pernah dilakukan selama hidupku jika aku tidak bertemu Mamizu.

“Cobalah mengatakan sesuatu yang romantis.” Suara Mamizu datang dari sebelahku, seolah-olah bertelepati.

"Hah? Aku tidak bisa, "kataku.

"Malam hari di musim panas, melihat bintang, orang yang menarik dari lawan jenis tepat di sampingmu - semua hal yang kau butuhkan suasana romantis sudah terkumpul di sini, bukan?"

"Kau akan mengatakan itu tentang dirimu sendiri?"

"... Itu tidak benar."

Aku sangat terganggu dengan tugas ini. Aku mencari kenangan di kepalaku, tapi tidak ada kata-kata tertentu yang muncul di dalam pikiranku. Aku hampir tidak pernah melihat film asmara sama sekali.

"Sesuatu seperti, 'Aku ingin bersamamu selamanya?'"

Aku berpaling untuk melihat wajah Mamizu dan melihat bahwa dia membuat ekspresi seolah-olah mengatakan bahwa ini tidak klik dengan ekspetasinya.

"Aku mencintaimu dari lubuk hatiku?"

"Jangan katakan 'dari lubuk hatimu' kalau kau tidak peduli!"

"Aku tak keberatan jika aku meninggal demi dirimu."

"Hei, apa kau sudah termotivasi tentang ini?"

“Bukannya ini tidak adil?” Kataku, tidak bisa menahan ini lebih lama lagi. “Aku tak berpikir ini terasa adil untuk membuatku melakukan ini sedangkan kau sendiri melempar gurauanmu.”

Mamizu memiringkan kepalanya sedikit seolah-olah mengatakan, “Jadi apa yang harus kita lakukan?”

“Aku mungkin merasa lebih termotivasi jika kau mengatakan ini bersamaku.”

Katakanlah jika kau bisa, pikirku.

“... Baiklah,” kata Mamizu, dia duduk setengah langkah lebih dekat di sebelahku, yang pada dasarnya dia sedang bersandar padaku.

Aku sedikit terkejut, tapi mungkin karena aku sedikit kesal, aku tetap menjaga posturku tanpa menjauhkan diri.

“Ini seperti hanya ada kita berdua di dunia ini, bukan?” Kata Mamizu, melihat ke sekeliling atap. Sekarang sudah larut malam, dan tidak ada tanda satu orang pun di sekitar kita.

“Kalau itu benar, apa yang akan ingin kau lakukan?” Tanyaku.

“Lalu, aku tidak punya pilihan selain untuk menikahimu, ‘kan, Takuya-kun?”

“Apa maksudmu, 'tidak punya pilihan?'”

Mengabaikan protesku, Mamizu memberiku tawa yang terdengar mendalam. 

“Cobalah untuk melamarku,” katanya dengan agak intim, dan senyum yang sangat familiar.

“Dalam sakit dan sehat, aku akan mencintaimu, membantumu dan mengabdikan diriku padamu.”

“Aku juga akan mencintaimu selamanya, Takuya-kun.”

Mamizu menatapku.

Aku menatap balik ke arahnya.

“Aku sedang bercanda, tahu?” Katanya, seakan memastikan bahwa aku sudah tahu.

“Lucu sekali,” jawabku, tanpa mengeluarkan senyum.

Dan kemudian Mamizu mengulurkan tangannya ke arah langit malam seolah-olah ingin menggapai itu. “Hei, aku penasaran apakah bintang cantik seperti mereka memiliki rentang hidup.”

Dia terdengar seperti dia sudah tahu jawabannya.

Aku mengubah teleskop ke arah langit selatan. Mengingat astronomi dasar yang diajarkan di kelas, aku mencari bintang tertentu.

“Bintang-bintang yang bersinar merah ialah bintang yang sudah dekat dengan akhir rentang hidup mereka. Yang terkenal adalah Antares, di rasi Scorpius. Pada akhirnya, mereka akan terbakar dan mati.”Aku menyesuaikan teleskop dan membiarkan Mamizu untuk melihat.

“Aku ingin tahu apakah semua bintang di langit malam akan berubah menjadi merah suatu hari nanti,” Mamizu mendesah.

Aku mencoba membayangkan hal itu, tapi aku tidak bisa membayangkannya dengan sangat baik.

“Apa yang akan terjadi ketika bintang mati?” Tanya Mamizu.

“Mereka akan kehilangan cahaya mereka dan menjadi sesuatu seperti mayat. Atau mereka menjadi lubang hitam.”

Saat bintang yang berat mati, mereka runtuh karena gravitasi dan menjadi lubang hitam.Bahkan cahaya, tak bisa melarikan diri dari itu. Lubang hitam tumbuh dengan menyerap dan menggabungkan segala macam bintang, menjadi sangat besar.

“Aku ingin tahu apakah manusia terjebak oleh orang-orang mati juga?” Kata Mamizu.

Dikejutkan oleh kata-kata ini, aku berbalik menatap ke arah Mamizu.

“Aku tidak ingin menjadi lubang hitam,” katanya dengan nada yang sangat emosional.
Tidak ada orang yang menginginkan itu juga, pikirku, tapi aku tidak mengatakannya .
Antares bisa terlihat dengan jelas, bahkan dengan mata telanjang. Pusat dari rasi Scorpius. Sekarang aku berpikir tentang hal itu, Kalajengking itu ingin menjadi bintang yang menerangi langit malam demi kebahagiaan orang lain, ‘kan?

Aku benar-benar ingin mati seperti itu juga.

“Jika semua bintang menjadi lubang hitam, itu akan menjadi membosankan untuk melakukan sesuatu seperti melihat bintang, bukan?” Kata Mamizu.

“Aku pikir bumi akan hancur sebelum itu terjadi.”

Hari kiamat di bumi. Seperti dalam fiksi ilmiah.

“Apa yang akan terjadi pada alam semesta pada akhirnya?”

“Ini akan berakhir, mungkin.”

Itulah apa yang telah ditulis dalam sebuah buku yang pernah aku baca di perpustakaan untuk menghabiskan waktu di masa lalu. alam semesta akan berakhir. Sama seperti kehidupan manusia.

“Lalu aku penasaran apakah ada makna di balik keberadaan dunia ini?”

“Tidak ada makna tertentu. Sebuah makna hanyalah kesalahpahaman yang dibuat oleh manusia,” kataku.

Tidak ada makna tertentu untuk hidup.

Tidak ada makna sedikit pun dari segalanya. Entropi akan meningkat, dan alam semesta akan menuju ke arah kematian panas. Semuanya akan dimusnahkan, dan hanya keheningan yang tersisa.Tidak ada yang akan selamat. Sejarah dan bahasa akan ikut menghilang juga.

Alam semesta terbentuk melalui bigbang, dan selama proses pendinginan, hewan dengan kesadaran mengalir melalui otak mereka muncul secara spontan. Sekarang, kami berjalan dan menjalani hidup sia-sia kami mencari makna, dan sejujurnya, semua itu sangat menyakitkan bagiku.

“Bagian dari itu, mana yang seharusnya romantis?” Mamizu melengkungkan bibirnya ke bawah seakan cemberut, dan kemudian matanya kembali ke teleskop.

Dan kemudian kita berdua terhening kembali.

Mungkin ini pertama kalinya kita menghabiskan waktu bersama-sama dalam keheningan seperti ini.

Keheningan terkadang membuat seseorang kehilangan rasa realitas. Ini adalah salah satu dari mereka. Mungkin karena kita berbicara tentang bintang dan alam semesta. skala dunia telah berubah, dan aku merasa seperti kami berdua tidak lebih dari mikroba.

Sekarang percakapan kami telah berhenti, Mamizu tampaknya benar-benar terserap dalam astronomi. “Indah sekali, ... mereka benar-benar indah.”

Dia benar-benar sudah tersedot ke dunia dalam teleskop.

Ada sesuatu yang aku pikirkan saat aku melihat punggung tak berdaya-nya. Seperti cahaya yang tumpah dari jendela melalui celah-celah di tirai, kulitnya mengintip melalui celah-celah di rambutnya yang panjang, bersinar putih.

“Mamizu, aku mencintaimu,” kataku.

Mamizu tidak berpaling ke arahku. Dia tetap diposisinya, tidak menunjukkan respon sama sekali, seolah-olah aku tidak mengatakan apapun.

“Lima menit sudah berlalu,” katanya. suaranya sedikit lirih.

Aku tidak bisa melihat ekspresinya. Seperti biasa, aku tidak tahu apa yang dia pikirkan.

“Aku sedang tidak bercanda,” Aku berkata dengan nada serius.

Beberapa saat keheningan berlalu.

Aku sudah menunggu.

"Maafkan aku."

Untuk beberapa alasan, ada kesedihan yang tercampur di suara Mamizu.





Curhatan penerjemah:
Kalau para pembaca peka, si Mamizu secara tidak langsung mengatakan cintanya pada Takuya, tapi dia menutupinya dengan candaan garing. Well, kurasa banyak yang paham juga.





close

1 Komentar

Budayakan berkomentar supaya yang ngerjain project-nya tambah semangat

Lebih baru Lebih lama